Susu Kedelai

Ass.w.w ..
Susu kedelai adalah cairan yang berwarna putih yang berasal dari ekstrak kedelai dengan penampakan dan komposisinya mirip produk susu sapi . Pemanfaatan susu kedelai sebagai minuman kegemaran sekaligus minuman kesehatan telah dikenal cuku lama . Susu kedelai berkembang ke Jepang dan masuk ke Asia Tenggara setelah Perang Dunia ke 2 .
Di Hongkong , sejak tahun 1945*tahun kemerdekaan republik Indonesia* susu kedelai telah dikenal sebagai soft drink . Kadar proteinnya 2,5-3,0% .
Singapura dan Malaysia sejak tahun 1952 telah mengembangkan susu kedelai merek Vitabean dengan produksi 50 juta per tahun . Saat itu , susu yang rasanya menyegarkan ini telah diperkaya dengan berbagai vitamin dan mineral.
Sementara di Filipina masyarakatnya pun telah mengenal susu kedelai yang populer dengan naa Philsoy .
Keberadaan susu kedelai di Indonesia pun telah di kenal cukup lama . Susu kedelai bubuk yang telah diperkaya dengan vitamin dan mineral tersebut diproduksi atas bantuan FAO dan UNICEF .



Pada saat ini , meskipun belum setenar tempe dan tahu , minat masyarakay Indonesia terhadap susu nabati meningkat kembali . Hal ini terlihat daro semakin menjamurnya usaha pembuatan susu kedelai skala rumah tangga , terutama di kota besar di Pulau Jawa . Bahkan , hingga kini beberapa industri makanan di tanah air telah memproduksi susu kedelai dalam kemasan kotak karton dengan rasa yang enak dan penampilannya yang menarik .





0 komentar:

Posting Komentar