Kacang Kedelai

Ass.w.w
Hai hai temen-temen ...
Kali ini saya akan berbagi ilmu tentang kedelai ,, dari sebuah buku yang telah saya baca ...




Menurut Shen Nung pada tahun 1838 sebelum masehi (SM) , tanaman yang dibudidayakan di muka bumi ini adalah kedelai , yakni sejak 1500 tahun SM . Kedelai telah umum dibudidayakan petani memiliki nama ilmiah Glicine max (Linn.) Merrill .
Di antara jenis kacang-kacangan , kedelai merupakan sumber protein , vitamin , mineral , lemak dan serat yang paling baik . Selain itu , dalam lemak kedelai terkandung beberapa fosfolipida penting , seperti sepalin , lipositol , dan lesitin .

Di Cina , jauh sebelum para ahli kimia mampu menganalisis kandungan gizi secara mendetail , masyarakat Cina telah memberi kedelai dengan gelar "sapi cina" dan "daging tanpa tulang" . Karena manfaatnya yang luar biasa bagi industri pangan dan industri lainnya , kedelai dijuluki permata bumi . Wajar , karena selain sebagai bahan berbagai produk pangan , kedelai pun telah dimanfaatkan berbagai industri lainnya seperti tinta , cat , lem , plastik , sabun , bahan bakar ramah lingkungan , pakan ternak dan antibiotik (di industri farmasi)

Khusus di bidang pangan , pada saat ini diperkirakan ada 12.000 jenis aneka olahan makanan dan minuman yang bersumber dari kedelai . Di Indonesia , telah lama dikenal berbagai olahan pangan yang berasal dari kedelai baik hasil fermentasi (tempe , kecap , tauco soyghurt , nata de soya dan laru) maupun produk non-fermentasi (tahu dan susu kedelai) ..